PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS ETNOSAINS BALI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD

Maharani, Ida Ayu Gde Sutha (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS ETNOSAINS BALI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041040-COVER.pdf

Download (239kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041040-ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041040-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan monopoli berbasis etnosains Bali untuk meningkatkan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Data validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran,dan ahli materi pembelajaran IPA SD. Data kepraktisan media bersumber dari 5 praktisi pembelajaran di sekolah dasar, dan siswa kelas IV SD. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest-posttest yang melibatkan 28 orang siswa kelas IV. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan monopoli berbasis etnosains Bali untuk meningkatkan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD dinyatakan, (1) valid ditinjau dari aspek media pembelajaran, dan materi pembelajaran IPA SD dengan nilai CVI sebesar 1,00 dengan kriteria istimewa; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru) dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 49 dan peserta didik dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 46,5; (3) efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik dengan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yakni, 0,01 < 0,05 dengan menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Permainan Monopoli Berbasis Etnosains Bali Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Monopoli, Etnosains Bali, IPAS, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ida Ayu Gde Sutha Maharani
Date Deposited: 14 Feb 2025 09:54
Last Modified: 14 Feb 2025 09:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23331

Actions (login required)

View Item View Item