Briansyah, Diemas Aditya (2025) AN EXPERIMENTAL STUDY ON THE EFFECTIVENESS OF PEER FEEDBACK COMPARED TO TEACHER-WRITTEN CORRECTIVE FEEDBACK IN TEACHING WRITING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AT MTS NEGERI 1 JEMBRANA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1812021137-COVER.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1812021137-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021137-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021137-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021137-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021137-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021137-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021137-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1812021137-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas umpan balik teman sebaya (peer feedback, PF) dan umpan balik korektif tertulis dari guru (teacher-written corrective feedback, TWCF) dalam meningkatkan akurasi menulis peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 1 Jembrana, Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen untuk membandingkan dampak kedua metode umpan balik terhadap kemampuan menulis peserta didik. Sebanyak 40 peserta didik dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan umpan balik teman sebaya dan kelompok kontrol yang menerima umpan balik tertulis dari guru. Kinerja menulis peserta didik diukur melalui tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) yang difokuskan pada akurasi tata bahasa dan kosakata. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata yang signifikan pada kelompok eksperimen, yaitu dari 66,25 pada tes awal menjadi 82,75 pada tes akhir. Sementara itu, kelompok kontrol menunjukkan peningkatan skor yang lebih kecil, yaitu dari 67,25 pada tes awal menjadi 74,50 pada tes akhir. Analisis statistik dengan uji t menunjukkan nilai p sebesar 0,000, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok pada tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa umpan balik teman sebaya lebih efektif dibandingkan dengan umpan balik korektif tertulis dari guru dalam meningkatkan akurasi menulis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | umpan balik teman sebaya, umpan balik korektif yang ditulis oleh guru, dan akurasi tulisan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Diemas Aditya Briansyah |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 01:24 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 01:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |