Rahayu, Ni Komang Ari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL MANIPULATIVES PADA MATERI FAKTA DASAR PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA DI KELAS INKLUSI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031003-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031003-ABSTRAK.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031003-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun media pembelajaran berbasis virtual manipulatives pada materi fakta dasar perkalian matematika siswa di kelas inklusi, (2) untuk mengetahui validitas isi dari media pembelajaran berbasis virtual manipulatives ditinjau dari ahli media dan ahli materi, (3) untuk mengetahui kepraktisan dari media pembelajaran berbasis virtual manipulatives pada materi fakta dasar perkalian matematika siswa inklusi (4) untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis virtual manipulatives pada materi fakta dasar perkalian matematika siswa dikelas inklusi dengan menggunakan desain one group pretest posttest. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun media pembelajaran berbasis virtual manipulatives dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi beberapa tahap yaitu (a) analisis, (b) perancangan, (c) pengembangan, (d) implementasi, dan (e) evaluasi, (2) validitas media pembelajaran berbasis virtual manipulatives dari uji ahli materi dengan rata-rata 3.90 dan uji ahli media pembelajaran dengan rata-rata 3.88 yang keduanya dinyatakan sangat layak, (3) kepraktisan media pembelajaran berbasis virtual manipulatives memperoleh persentase sebesar 95% dengan kualifikasi sangat layak, (4) efektivitas berdasarkan uji-t satu sampel, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan numerasi siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis virtual manipulatives pada materi fakta dasar perkalian matematika siswa kelas inklusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : media pembelajaran, virtual manipulatives, kemampuan numerasi, matematika, siswa inklusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ari Rahayu |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 00:03 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 00:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |