PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL MANIPULATIVES PADA MATERI FAKTA DASAR PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA DI KELAS INKLUSI

Rahayu, Ni Komang Ari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL MANIPULATIVES PADA MATERI FAKTA DASAR PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA DI KELAS INKLUSI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031003-ABSTRAK.pdf

Download (448kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031003-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun media pembelajaran berbasis virtual manipulatives pada materi fakta dasar perkalian matematika siswa di kelas inklusi, (2) untuk mengetahui validitas isi dari media pembelajaran berbasis virtual manipulatives ditinjau dari ahli media dan ahli materi, (3) untuk mengetahui kepraktisan dari media pembelajaran berbasis virtual manipulatives pada materi fakta dasar perkalian matematika siswa inklusi (4) untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis virtual manipulatives pada materi fakta dasar perkalian matematika siswa dikelas inklusi dengan menggunakan desain one group pretest posttest. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun media pembelajaran berbasis virtual manipulatives dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi beberapa tahap yaitu (a) analisis, (b) perancangan, (c) pengembangan, (d) implementasi, dan (e) evaluasi, (2) validitas media pembelajaran berbasis virtual manipulatives dari uji ahli materi dengan rata-rata 3.90 dan uji ahli media pembelajaran dengan rata-rata 3.88 yang keduanya dinyatakan sangat layak, (3) kepraktisan media pembelajaran berbasis virtual manipulatives memperoleh persentase sebesar 95% dengan kualifikasi sangat layak, (4) efektivitas berdasarkan uji-t satu sampel, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan numerasi siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis virtual manipulatives pada materi fakta dasar perkalian matematika siswa kelas inklusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : media pembelajaran, virtual manipulatives, kemampuan numerasi, matematika, siswa inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Ari Rahayu
Date Deposited: 18 Feb 2025 00:03
Last Modified: 18 Feb 2025 00:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23412

Actions (login required)

View Item View Item