Sari, Ni Komang Desy Artika (2025) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERORIENTASI HOTS PADA MATERI IPA PERUBAHAN CUACA DI BUMI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031285-COVER.pdf Download (829kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031285-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031285-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031285-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031285-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031285-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031285-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031285-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031285-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi berorietasi HOTS pada materi IPA perubahan cuaca di bumi untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V Sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode dari pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner dan tes pilihan ganda. Data dari validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli materi IPA SD. Data dari kepraktisan media bersumber dari uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil sebanyak 12 orang siswa. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain penelitian quasi experiment yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design dengan jumlah sampel sebanyak 61 orsng siswa kelas VA dan VB SD. Hasil dari data di analisis secara kuantitatif. Hasil dari penelitian media pembelajaran game edukasi berorientasi HOTS pada materi IPA perubahan cuaca di bumi untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar dinayatkan (1) valid ditinjau pada aspek isi, desain, dan media pembelajaran IPA; (2) praktis ditinaju dari perspektif siswa; (3) efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi berorientasi HOTS pada pembelajaran IPA kelas V SD yang telah dikembangkan, dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi sains, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, game edukasi, pembelajaran IPA sekolah dasar, literasi sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Desy Artika Sari |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 10:25 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 10:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |