Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Daily Life dengan Nuansa Kearifan Lokal Bali untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Topik Daerahku dan Kekayaan Alamnya di Kelas IV SD

Dalem, kadek Bisma Taruna (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Daily Life dengan Nuansa Kearifan Lokal Bali untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Topik Daerahku dan Kekayaan Alamnya di Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031040-COVER.pdf

Download (933kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031040-ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031040-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang serta menganalisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas multimedia interaktif berbasis daily life dengan nuansa kearifan lokal Bali dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada topik Daerahku dan Kekayaan Alamnya di kelas IV SD. Pengembangan multimedia ini menerapkan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi kuesioner dan tes, dengan instrumen berupa angket tertutup menggunakan skala penilaian serta pilihan ganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) rata-rata skor validasi dari ahli media dan ahli materi mencapai 0,93 dengan kategori sangat tinggi, (2) tingkat kepraktisan media menurut guru dan siswa menunjukkan hasil yang sama, yakni 99% dengan kategori sangat baik, serta (3) multimedia interaktif berbasis kehidupan daily life dengan nuansa kearifan lokal Bali terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada topik tersebut di kelas IV SD. Kata Kunci: Multimedia interaktif, Daily life, Kearifan Lokal, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, Daily life, Kearifan Lokal, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Bisma Taruna Dalem
Date Deposited: 19 Feb 2025 08:08
Last Modified: 19 Feb 2025 08:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23493

Actions (login required)

View Item View Item