Widiantari, A.A.Ayu Mirah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERKEARIFAN LOKAL BALI BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI FOTOSINTESIS KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031388-COVER.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031388-ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031388-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031388-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031388-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031388-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031388-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031388-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031388-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 2 Candikuning masih menggunakan metode konvensional dengan media yang kurang interaktif, sehingga minat belajar siswa rendah. Rata-rata minat belajar siswa hanya mencapai 63,6%, dengan indikator perasaan senang sebesar 54% dan ketertarikan 62,4%. Selain itu, materi belum mengintegrasikan kearifan lokal Bali, yang berpotensi membuat pembelajaran lebih bermakna. Melihat hal tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran berkearifan lokal Bali berbasis website pada mata pelajaran IPAS materi fotosintesis kelas IV sekolah dasar yang layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang mencakup tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini memiliki tingkat validitas tinggi dari ahli materi (3,8) dan ahli media (3,7). Uji kepraktisan memperoleh skor 3,95 dari guru dan 3,75 dari siswa, yang dikategorikan sebagai sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan media pembelajaran berkearifan lokal Bali berbasis website layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi fotosintesis kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, kearifan lokal Bali, minat belajar siswa, fotosintesis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | A.A.Ayu Mirah Widiantari |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 09:37 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 09:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |