PENGEMBANGAN APLIKASI OPMID (OPERASI PECAHAN MIKA DIGITAL) BERBASIS TEORI KONTSRUKTIVISME PADA MATERI MATEMATIKA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 PENATIH TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Cahyana, I Komang Mas Haldi Surya (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI OPMID (OPERASI PECAHAN MIKA DIGITAL) BERBASIS TEORI KONTSRUKTIVISME PADA MATERI MATEMATIKA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 1 PENATIH TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031129-COVER.pdf

Download (869kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031129-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031129-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031129-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031129-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031129-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031129-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031129-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031129-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui rancang bangun aplikasi Opmid berbasis teori konstruktivisme pada materi matematika operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V SD Negeri 1 Penatih, (2) Untuk mengetahui kelayakan aplikasi Opmid berbasis teori konstruktivisme dalam materi ajar perkalian dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil siswa kelas V SD Negeri 1 Penatih, (3) Untuk mengetahui efektivitas aplikasi Opmid berbasis teori konstruktivisme dalam materi ajar perkalian siswa kelas V SD Negeri 1 Penatih. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini (1) rancang bangun Aplikasi Opmid ini menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu: (a) analisis, (b) perancangan, (c) pengembangan, (d) implementasi, dan (e) evaluasi dengan hasil penialain dari uji ahli rancang bangun sebesar 90,1% (sangat baik), (2) aplikasi Opmid dinyatakan layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran sebesar 86,67% (baik), uji ahli desain instruksional sebesar 92,5% (sangat baik), dan uji ahli media pembelajaran sebesar 93,3% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 94% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil 96,3% (sangat baik), (3) berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa nilai t- hitung = 13,28 sedangkan t-tabel dengan taraf signifikasi 5% dengan dk = 26 diperoleh t-tabel sebesar 2,05649 hal ini berarti t-hitung > t-tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi Opmid efektif diterapkan pada muatan matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V SD Negeri 1 Penatih tahun pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Komang Mas Haldi Surya Cahyana
Date Deposited: 20 Feb 2025 05:55
Last Modified: 20 Feb 2025 05:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23539

Actions (login required)

View Item View Item