Dewi, Ni Putu Artina Kesuma (2025) PENGUATAN KARAKTER GENERASI Z BERBASIS EKSTRAKURIKULER KELOMPOK SISWA PEDULI AIDS DAN NARKOBA (KSPAN) DI SMP NEGERI 5 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041018-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041018 - ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041018 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041018 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041018 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041018 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041018 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041018 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041018 - LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi aspek penting dalam penguatan karakter generasi Z yang tumbuh di era digital. Salah satu upaya penguatan karakter yang dapat diterapkan di sekolah adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler, seperti KSPAN. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran ekstrakurikuler KSPAN dalam penguatan karakter siswa di SMP Negeri 5 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipasif, wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, pembina ekstrakurikuler KSPAN, ketua ekstrakurikuler KSPAN, anggota KSPAN dan non anggota KSPAN. Sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler KSPAN berdampak positif terhadap penguatan karakter siswa, terutama dalam aspek peduli sosial, kerja sama, kejujuran, komunikatif, dan kedisiplinan. Melalui kegiatan pendalaman materi, mengikuti perlombaan, tutor sebaya dan pembinaan rutin siswa menjadi lebih memahami pentingnya berperilaku positif dan gaya hidup sehat sesuai dengan kebutuhan generasi Z di era digital. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu pembina, pendanaan, dan rendahnya partisipasi siswa dalam program ini. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah dapat megadakan hubungan kerja sama dengan instansi terkait untuk memperkuat pembinaan karakter melalui ekstrakurikuler KSPAN dapat dikembangkan secara berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generasi Z, Penguatan karakter, Ekstrakurikuler KSPAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | NI PUTU ARTINA KESUMA DEWI |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:17 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |