Damayanthi, Putu Alvina (2025) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL MUATAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 PEGUYANGAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031128-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031128-ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031128-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031128-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031128-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031128-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031128-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031128-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031128-LAMPIRAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari fakta bahwa kurangnya penggunaan media digital dalam proses pembelajaran. Hal ini menjadi salah satu faktor rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian dengan model pengembangan ini bertujuan untuk memberikan alternatif media pembelajaran berupa komik digital berbasis kontekstual pada materi pengukuran sudut kelas V SD untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini terdiri dari satu orang ahli isi materi, ahli desain, ahli media, guru kelas V, tiga orang siswa uji perorangan, dan sembilan orang siswa uji kelompok kecil. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes berbentuk pilihan ganda. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Temuan dalam penelitian pengembangan produk komik digital meliputi: (a) hasil uji validitas produk melalui para ahli menunjukkan bahwa media komik digital memperoleh kualifikasi sangat valid; (b) hasil uji kepraktisan melalui respon guru, uji perorangan, dan uji kelompok kecil memperoleh kualifikasi sangat praktis; (c) hasil uji efektivitas media melalui pre-test dan post-test memperoleh kualifikasi efektif. Dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis kontekstual muatan matematika materi pengukuran sudut efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar khususnya siswa kelas V SD. Implikasi dari penelitian ini adalah komik digital berbasis kontekstual membantu siswa untuk memahami materi pengukuran sudut dalam jangka waktu yang lama dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Komik Digital, Kontekstual, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Alvina Damayanthi |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:02 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |