PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF JELAJAH TRADISI BALI (JATRA BALI) PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA MUATAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 3 PETAK

JELITA WULANDARI, NI KADEK FEBRY (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF JELAJAH TRADISI BALI (JATRA BALI) PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA MUATAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 3 PETAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031240-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031240-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031240-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031240-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111031240-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031240-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (838kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031240-BAB 5 PENUTUP.pdf

Download (323kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031240-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031240-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia interaktif Jatra Bali, (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif Jatra Bali, (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif Jatra Bali. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif, deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) multimedia interaktif jelajah tradisi Bali (Jatra Bali) yang diakses melalui HTML berisikan materi, gambar, dan video 18 tradisi di Bali yang menarik menarik dan relevan untuk meningkatkan pengetahuan budaya siswa. (2) kelayakan multimedia interaktif jelajah tradisi Bali (Jatra Bali) memperoleh penilaian ahli materi sebesar 95,4% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran sebesar 92,5% dengan kategori sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 91,6% dengan kategori sangat baik, uji coba perorangan sebesar 91,6% dan uji coba kelompok kecil sebesar 95% dengan kategori sangat baik. (3) Efektivitas multimedia interaktif jelajah tradisi Bali (Jatra Bali) melalui hasil uji-t diperoleh thitung = 5,633 untuk db = 13 dan taraf signifikansi 5% = 1,771. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti nilai rata-rata siswa posttest lebih besar atau sama dengan nilai KKTP. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif Jatra Bali pada Materi Indonesiaku Kaya Budaya efektif untuk digunakan pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 3 Petak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Literasi Budaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Febry Jelita Wulandari
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:48
Last Modified: 20 Feb 2025 07:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23563

Actions (login required)

View Item View Item