Poniyanti, Ni Nyoman Putri (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPAS MATERI TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI UNTUK KELAS IV SDN 5 KERAMAS TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031308-COVER.pdf Download (848kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031308-ABSTRAK.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031308-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031308-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031308-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031308-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031308-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031308-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031308-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia interaktif berbasis problem based learning mata pelajaran IPAS, (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis problem based learning mata pelajaran IPAS, dan (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis problem based learning mata pelajaran IPAS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode tes objektif. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis problem based learning memperoleh hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, (2) kelayakan multimedia interaktif berbasis problem based learning memperoleh hasil penilaian dari ahli isi pembelajaran sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat layak; hasil penilaian dari ahli desain instruksional sebesar 95% dengan kualifikasi sangat layak; hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat layak; hasil uji coba perorangan sebesar 95% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba kelompok kecil sebesar 94,44% dengan kualifikasi sangat layak, (3) efektivitas multimedia interaktif berbasis problem based learning berdasarkan hasil uji-t sample dependent diperoleh thitung = 9,864 untuk dk = 26 dan taraf signifikansi 5% = 1,706. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis problem based learning efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran IPAS materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi untuk kelas IV di SD Negeri 5 Keramas Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Problem Based Learning, Mata Pelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Putri Poniyanti |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 10:47 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 10:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |