Natharani, Cok Istri Dian (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD N 3 PENARUNGAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031284-COVER.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031284-ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031284-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031284-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031284-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031284-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031284-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031284-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031284-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media video interaktif berbasis contextual teaching and learning mata pelajaran IPAS, (2) mengetahui kelayakan media video interaktif berbasis contextual teaching and learning pada pelajaran IPAS, dan (3) mengetahui efektivitas media video interaktif berbasis contextual teaching and learning ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa video interaktif berbasis contextual teaching and learning yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dibuktikan dari: (1) hasil uji ahli rancang bangun diperoleh skor 92,05% (sangat baik) (2) kelayakan media video interaktif berbasis contextual teaching and learning berdasarkan hasil uji ahli materi pembelajaran diperoleh skor 97,72% (sangat baik), ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran diperoleh skor 92,05% (sangat baik), uji perorangan diperoleh skor 93,33% (sangat baik), uji kelompok kecil diperoleh skor 89,72% (baik), serta (3) hasil uji efektivitas dengan uji-t memperoleh t-hitung = 12.558 > t-tabel = 2,056 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 27-1 = 26 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan pretest dan posttest sebelum dan sessudah menggunakan media video interaktif berbasis contextual teaching and learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media video interaktif berbasis contextual teaching and learning layak dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), khususnya pada bagian tubuh tumbuhan kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Video Interaktif, IPAS, Bagian Tubuh Tumbuhan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Cok Istri Dian Natharani |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 13:46 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 13:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |