EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP NEGERI DI KOTA SINGARAJA

Cantiari, Ni Made (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP NEGERI DI KOTA SINGARAJA. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1839011002-COVER.pdf

Download (402kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1839011002-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1839011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1839011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1839011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1839011002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1839011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1839011002-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kognitif behavioral dengan teknik modeling dalam meningkatkan percaya diri dan disiplin belajar siswa SMP Negeri di kota Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian campuran yang melibatkan observasi dan eksperimen desain posttest only control group dengan dua kelompok siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil dari observasi perilaku siswa mengungkapkan bahwa siswa menunjukan peningkatan percaya diri dan disiplin belajar yang lebih baik. Hasil eksperimen juga menunjkan nilai rata-rata variabel percaya diri kelompok eksperimen adalah 3,37 dengan standar deviasi 0,264. Nilai tersebut lebih tinggi dari pada kelompok kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 2,96 dan standar deviasi sebesar 0,204. Untuk variabel disiplin belajar, skor rata-rata siswa pada kelompok eksperimen sebesar 3,30 dengan standar deviasi sebesar 0,240. Pada kelompok kontrol, skor yang diperoleh lebih rendah yakni sebesar 3,07 dengan standar deviasi 0,263. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) Konseling Kognitif Behavioral dengan teknik modeling efektif dalam meningkatkan percaya diri siswa. 2) Konseling Kognitif Behavioral dengan teknik modeling efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Mengacu pada temuan penelitian ini, direkomendasikan untuk menerapkan konseling kognitif behaviorial dalam membantu mengatasi masalah percaya diri dan disiplin belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Konseling, Kognitif Behaviorioral, Percaya Diri, Disiplin Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Ni Made Cantiari
Date Deposited: 21 Feb 2025 13:07
Last Modified: 21 Feb 2025 13:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23608

Actions (login required)

View Item View Item