Cantiari, Ni Made (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP NEGERI DI KOTA SINGARAJA. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
1839011002-COVER.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1839011002-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1839011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1839011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1839011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1839011002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1839011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1839011002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kognitif behavioral dengan teknik modeling dalam meningkatkan percaya diri dan disiplin belajar siswa SMP Negeri di kota Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian campuran yang melibatkan observasi dan eksperimen desain posttest only control group dengan dua kelompok siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil dari observasi perilaku siswa mengungkapkan bahwa siswa menunjukan peningkatan percaya diri dan disiplin belajar yang lebih baik. Hasil eksperimen juga menunjkan nilai rata-rata variabel percaya diri kelompok eksperimen adalah 3,37 dengan standar deviasi 0,264. Nilai tersebut lebih tinggi dari pada kelompok kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 2,96 dan standar deviasi sebesar 0,204. Untuk variabel disiplin belajar, skor rata-rata siswa pada kelompok eksperimen sebesar 3,30 dengan standar deviasi sebesar 0,240. Pada kelompok kontrol, skor yang diperoleh lebih rendah yakni sebesar 3,07 dengan standar deviasi 0,263. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) Konseling Kognitif Behavioral dengan teknik modeling efektif dalam meningkatkan percaya diri siswa. 2) Konseling Kognitif Behavioral dengan teknik modeling efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Mengacu pada temuan penelitian ini, direkomendasikan untuk menerapkan konseling kognitif behaviorial dalam membantu mengatasi masalah percaya diri dan disiplin belajar.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling, Kognitif Behaviorioral, Percaya Diri, Disiplin Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Ni Made Cantiari |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 13:07 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 13:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |