Pradarta, I Kadek Dwi (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PECAHAN DI KELAS IV SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031307-COVER.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031307-ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031307-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (653kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031307-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031307-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031307-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031307-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031307-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031307-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berdiferensiasi materi pecahan guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test, dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan tes uraian, serta analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh validitas yang sangat baik berdasarkan hasil uji ahli materi dengan skor rata-rata 4,8 dan uji ahli media dengan skor rata-rata 4,6. Kepraktisan media ini juga mendapatkan penilaian yang sangat baik, dengan persentase 93,55% dari respon guru dan 98,5% dari respon siswa. Selain itu, efektivitas media pembelajaran ini dibuktikan melalui uji-t berkolerasi yang menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media pembelajaran tersebut dibandingkan sebelum menggunakannya. Selain meningkatkan kemampuan berpikir kritis, E-Modul ini juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda-beda melalui pendekatan berdiferensiasi, sehingga dapat membantu siswa dengan gaya belajar yang bervariasi, seperti auditori, visual, audiovisual, dan kinestetik. Media ini juga bersifat interaktif, memungkinkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, E-Modul Interaktif Berbasis PBL Berdiferensiasi ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan berpikir kritis, serta keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran pecahan di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, PBL, Berdiferensiasi, Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Dwi Pradarta |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 04:40 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 04:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23624 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |