PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PRAKTIKUM VIRTUAL DENGAN APLIKASI PHET TERHADAP SIKAP DAN LITERASI SAINS PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS 4 SD NEGERI 4 SUBAGAN

Tirta, I Gede Yoga Danu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PRAKTIKUM VIRTUAL DENGAN APLIKASI PHET TERHADAP SIKAP DAN LITERASI SAINS PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS 4 SD NEGERI 4 SUBAGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031244-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031244-ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031244-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (439kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031244-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031244-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031244-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031244-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031244-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031244-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya literasi sains siswa berpengaruh terhadap sikap sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh secara simultan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan praktikum virtual menggunakan aplikasi PhET terhadap sikap dan literasi sains siswa kelas IV di SD Negeri 4 Subagan.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental) dengan rancangan Nonequivalent Pre-Test Post Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Subagan. Pengambilan sampel dilakukan melalui pengundian sebanyak satu kali dengan menggunakan potongan kertas. Sampel penelitian ini kelompok eksperimen yaitu kelas IVA yang berjumlah 32 orang dan kelas yang dijadikan kelompok kontrol yaitu kelas IVB yang berjumlah 30 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode non tes dan tes dengan instrumen kuesioner dan soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji Manova). Berdasarkan hasil Uji Manova dapat dilihat bahwa nilai signifikan untuk sikap sains sebesar 0,000 < 0,05 dan literasi sains sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian dari hasil uji Manova secara simultan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan praktikum virtual menggunakan aplikasi PhET terhadap sikap dan literasi sains siswa kelas IV di SD Negeri 4 Subagan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PjBL, PhET, Sikap Sains, Literasi Sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Yoga Danu Tirta
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:18
Last Modified: 05 Mar 2025 01:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23670

Actions (login required)

View Item View Item