PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL BALI

arianta, kadek yuda (2025) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2255013005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2255013005-ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2255013005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2255013005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2255013005-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2255013005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2255013005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2255013005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2255013005-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Augmented Reality pengenalan Alat musik tradisional Bali merupakan media yang dibuat untuk memberikan pengetahuan maupun informasi mengenai suara, atau bentuk tentang Alat musik tradisional Bali. Ada lima belas alat musik tradisional Bali yang akan ditampilkan pada Augmented Reality, mencakup empat kategori yaitu gambelan gambang, gong kebyar, Beleganjur, dan alat musik yang jarang di temukan. Media ini diharapkan membantu memudahkan anak Sekolah Dasar mengetahui Alat musik tradisional Bali secara luas. Augmented Reality Pengenalan Alat musik tradisional Bali dikembangakan menggunakan Unity dengan Vuforia sebagai pembuatan basis data. Pengujian yang digunakan meliputi Black-Box Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Pengujian black-box dilakukan pada smartphone dengan ketentuan android, Cpu ARM64, dan RAM 4GB berbeda dengan hasil yang didapat bahwa aplikasi berjalan lancar tanpa bug signifikan, sedangkan pengujian UEQ menunjukkan tingkat kegunaan yang baik berdasarkan kemudahan penggunaan, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Kata-kata Kunci: Augmented Reality, Alat musik tradisonal Bali, Mobile Android.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Alat musik tradisonal Bali, Mobile Android.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (D4)
Depositing User: KADEK YUDA ARIANTA
Date Deposited: 14 Mar 2025 02:15
Last Modified: 14 Mar 2025 02:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23735

Actions (login required)

View Item View Item