PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SAINS INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SMART APPS CREATOR BERNUANSA KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA IPAS TOPIK BUMI BERUBAH KELAS V SD

Dewi, Desak Made Anggun Sari (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SAINS INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN SMART APPS CREATOR BERNUANSA KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA IPAS TOPIK BUMI BERUBAH KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031026-COVER.pdf

Download (639kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031026-ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031026-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini didasari dengan adanya masalah yang berkaitan dengan rendahnya minat belajar siswa pada muatan IPAS, yang diakibatkan dari sulitnya mengaitkan teori dengan praktik nyata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia sains interaktif berbasis PBL bernuansa kearifan lokal Bali untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (RND) serta menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode dari pengumpulan data menggunakan angket. Objek penelitian ini yaitu validitas, kepraktisan dan efektivitas multimedia sains interaktif yang dikembangkan, subjek dalam penelitian ini yaitu 34 orang siswa kelas V. Rancang bangun multimedia sains interaktif dibuat dalam bentuk storyboard, kemudian diwujudkan menjadi multimedia sains interaktif, hasil validitas media memperoleh nilai ahli materi 0,89, dan ahli media memperoleh nilai 0,88 dengan kualifikasi validitas tinggi, kemudian hasil penilaian kepraktisan guru memperoleh 97% dan kepraktisan siswa memperoleh 96,2% dengan predikat sangat praktis. Uji efektivitas memperoleh signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan Fhitung < Ftabel, sehingga multimedia sains interaktif berbasis problem based learning dengan smart apps creator bernuansa kearifan lokal Bali efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia sains interaktif, smart apps creator, minat belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Desak Made Anggun Sari Dewi
Date Deposited: 17 Mar 2025 01:45
Last Modified: 17 Mar 2025 01:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23755

Actions (login required)

View Item View Item