Prigaswari, Ni Komang Ayu Tri Ana (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MATERI BILANGAN CACAH PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 2 PENEBEL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031061-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031061-ABSTRAK.pdf Download (804kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (611kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (881kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031061-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031061-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031061-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari atas permasalahan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan hanya menggunakan pedoman LKS dalam menyampaikan materi yang menyebabkan proses pembelajaran berlangsung terlaksana secara tidak efektif, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini, yakni untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia interaktif, (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif, (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 35 orang siswa kelas V Sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil Rancang bangun dari produk multimedia interaktif berbasis model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berupa media digital interaktif dilengkapi dengan komponen seperti petunjuk penggunaan, kompetensi, video pemantik, materi, evaluasi, dan profil pengembang yang digambarkan melalui flowchart dan storyboard serta diagram alir yang menggambarkan alur dari model ADDIE. Hasil penilaian dari ahli rancang bangun memperoleh skor sebesar 93,18% (sangat baik). (2) Hasil uji kelayakan multimedia interaktif menunjukkan bahwa multimedia interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan: (a) hasil review ahli isi/materi pembelajaran memperoleh skor sebesar 100% (sangat baik), (b) hasil review ahli desain instruksional memperoleh skor sebesar 90,62% (sangat baik), (c) hasil review ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 91,07% (sangat baik), (d) hasil uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 92,5% (sangat baik), dan (e) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 92,22% (sangat baik), serta (3) Hasil uji efektivitas memperoleh thitung =14,881 dibandingkan dengan ttabel = 1,690 dengan taraf signifikansi 5% dk = (n-1) = 35-1 = 34. Dengan demikian, thitung = 14,881 > ttabel = 1,690, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya bahwa rata-rata hasil post-test siswa setelah menggunakan multimedia interaktif lebih dari nilai KKTP siswa (84>65), sehingga dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif berbasis model pembelajaran kooperatif tipe think pair share efektif diterapkan dalam proses pembelajaran materi bilangan cacah pada muatan matematika siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Kooperatif Tipe Think Pair Share, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Tri Ana Prigaswari |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 00:50 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 00:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |