Susanti, Ni Komang Novi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA “KOIN” PESONA KEKAYAAN ALAM DI MUSEUM GEOPARK BATUR MUATAN IPAS PADA MATERI DAERAHKU DAN KEKAYAAN ALAMNYA SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 BATUR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031181-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031181-ABSTRAK.pdf Download (659kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031181-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (612kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031181-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031181-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031181-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031181-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031181-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031181-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari karena kurangnya variasi dan inovasi dalam penggunaan media dan sumber belajar oleh guru. Akibatnya, pembelajaran menjadi monoton dan memengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media “KOIN” pesona kekayaan alam di Museum Geopark, (2) mengetahui kelayakan media “KOIN” pesona kekayaan alam di Museum Geopark Batur, (3) mengetahui efektivitas media “KOIN” pesona kekayaan alam di Museum Geopark Batur. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu 25 peserta didik kelas IV sekolah dasar. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode tes berupa soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa terkait materi daerahku dan kekayaan alamnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil review ahli rancang bangun sebesar 93,18% (sangat baik), (2) hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media “KOIN” pesona kekayaan alam di Museum Geopark Batur layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan: (a) hasil review ahli isi/materi pembelajaran sebesar 91,6% (sangat baik), (b) hasil review ahli desain instruksional sebesar 93,75% (sangat baik), (c) hasil review ahli media pembelajaran sebesar 92,86% (sangat baik), (d) hasil uji coba perorangan sebesar 93,33% (sangat baik), dan (e) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 92,77% (sangat baik), dan (3) hasil uji efektivitas memperoleh thitung = 14,291 dan ttabel = 2,064, sehingga media “KOIN” pesona kekayaan alam di Museum Geopark Batur efektif diterapkan dalam pembelajaran IPAS materi daerahku dan kekayaan alamnya siswa kelas IV SD Negeri 6 Batur. Penelitian ini menunjukkan bahwa komik interaktif “KOIN” dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran IPAS, meningkatkan keterlibatan siswa, serta membantu guru dalam menyampaikan materi dengan lebih menarik. Selain itu, pemanfaatan Museum Geopark Batur sebagai sumber belajar menegaskan pentingnya pembelajaran berbasis lingkungan untuk menambah pengalaman dan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, komik interaktif, Museum Geopark Batur, IPAS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Novi Susanti |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 00:55 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 00:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |