Marheni, Ni Luh Gede Agustin (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN POTENSI ALAM PUPUAN BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI DAERAHKU DAN KEKAYAAN ALAMNYA MUATAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031027-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031027-ABSTRAK.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031027-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan video pembelajaran potensi alam Pupuan berbasis inquiry learning pada materi daerahku dan kekayaan alamnya muatan IPAS kelas IV sekolah dasar, (2) mengetahui validitas hasil pengembangan video pembelajaran potensi alam Pupuan berbasis inquiry learning pada materi daerahku dan kekayaan alamnya muatan IPAS ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil siswa kelas IV sekolah dasar, dan (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran potensi alam Pupuan berbasis inquiry learning pada materi daerahku dan kekayaan alamnya muatan IPAS kelas IV sekolah dasar. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes pilihan ganda dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun video pembelajaran potensi alam Pupuan berbasis inquiry learning dengan hasil penilaian oleh uji ahli rancang bangun sebesar 93,18% dengan kualifikasi sangat baik, (2) video pembelajaran potensi alam Pupuan berbasis inquiry learning yang dinyatakan layak digunakan oleh para ahli dan mendapat respon positif melalui uji coba kepada siswa dengan hasil penilaian oleh uji ahli isi mata pelajaran sebesar 91,07% dengan kualifikasi sangat baik, penilian oleh uji ahli desain instruksional sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, penilaian oleh uji ahli media pembelajaran sebesar 93,3% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 97% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 90,07% dengan kuaifikasi sangat baik, (3) uji efektivitas berdasarkan hasil uji-t satu sampel diperoleh bahwa t_hitung > t_tabel (10,91 > 2,045), sehingga H0 yang berbunyi rerata hasil post-test siswa kurang dari nilai KKTP (sebesar 70) ditolak dan H1 yang berbunyi rerata hasil post-test siswa lebih dari atau sama dengan nilai KKTP (sebesar 70) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran potensi alam Pupuan berbasis inquiry learning efektif digunakan pada materi daerahku dan kekayaan alamnya muatan IPAS kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Video Pembelajaran, Alam Pupuan, Inquiry Learning, Daerahku dan Kekayaan Alamnya, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Agustin Marheni |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 00:57 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |