PENGEMBANGAN PETA DIGITAL INTERAKTIF (PELITA) KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NO. 2 KUTUH

Wijaya, Ni Made Putri Yuni Sridewi Indriani (2025) PENGEMBANGAN PETA DIGITAL INTERAKTIF (PELITA) KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NO. 2 KUTUH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031362_COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031362_ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031362_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031362_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2111031362_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031362_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031362_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031362_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031362_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasarkan atas permasalahan kurangnya inovasi media pembelajaran yang berkaitan dengan budaya mempengaruhi tingkat pengetahuan siswa terhadap budaya serta berpengaruh pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun peta digital interaktif, (2) mengetahui kelayakan kelayakan peta digital interaktif, (3) mengetahui efektivitas peta digital interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yaitu tiga orang ahli dan 27 siswa kelas V SD No. 2 Kutuh. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Dengan instrument berupa wawancara, angket/kuisioner, dan tes. Data kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitaif, dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media peta digital interaktif (PELITA) keragaman budaya Indonesia berbentuk media elektronik dilengkapi dengan komponen seperti: tampilan awal, petunjuk penggunaan, halaman peta digital, latihan soal, dan profil pengembang yang digambarkan melalui flowchart dan storyboard yang merupakan ganbaran alur dari model pengembangan ADDIE, (2) hasil uji kelayakan media peta digital interaktif (PELITA) keragaman budaya Indonesia layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran memperoleh skor 93,75% (sangat baik), (b) hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh skor 95% (sangat baik), (c) hasil review ahli media pembelajaran memperoleh skor 93,33% (sangat baik), (d) hasil uji coba perorangan memperoleh skor 98% (sangat baik), (e) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 98,67% (sangat baik), serta (3) hasil uji efektivitas memperoleh thitung sebesar 6,976, sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 27 - 1 = 26 adalah 2,055. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (6,976 > 2,055), sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa rerata hasil post-test siswa lebih dari atau sama dengan nilai KKTP sesudah digunakan produk Peta Digital Interaktif (PELITA) Keragaman Budaya Indonesia pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SD No. 2 Kutuh. Kata Kunci: Media pembelajaran, Peta digital, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Peta digital, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Putri Yuni Sridewi Indriani Wijaya
Date Deposited: 18 Mar 2025 07:34
Last Modified: 18 Mar 2025 07:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23772

Actions (login required)

View Item View Item