PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI MACAM-MACAM PERLAWANAN PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI SEKOLAH DASAR

Meithayani, Ni Made Dwi (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI MACAM-MACAM PERLAWANAN PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031021-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031021-ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (426kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031021-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia interaktif berbasis problem based learning pada materi macam-macam perlawanan pada mata pelajaran IPAS kelas VI sekolah dasar, (2) mengetahui validitas multimedia interaktif berbasis problem based learning pada materi macam-macam perlawanan ditinjau dari isi, desain, media, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil kelas VI sekolah dasar, (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis problem based learning pada materi macam-macam perlawanan pada mata pelajaran IPAS kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes berupa soal pilihan ganda 4 opsi untuk mengetahui hasil belajar siswa terkait materi macam-macam perlawanan. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun multimedia interaktif berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 90,09%, (2) multimedia interaktif ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 92,85%, penilaian ahli desain instruksional sebesar 95%, penilaiah ahli media pembelajaran sebesar 92,04%, hasil uji coba peorangan sebesar 94,16%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,77%, (3) berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung = 11, 203 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan Dk = (25-1) = 24 diperoleh ttabel = 1,71. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (11, 203 > 1.71) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis problem based learning efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran materi macam-macam perlawanan pada mata pelajaran IPAS siswa kelas VI di SD No. 1 Sobangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, problem based learning, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Dwi Meithayani
Date Deposited: 18 Mar 2025 01:07
Last Modified: 18 Mar 2025 01:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23774

Actions (login required)

View Item View Item