Artini, Ni Made Ari Yuli (2025) PENGEMBANGAN GAMES EDUKASI IPAS BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMPAT BERSEJARAH DI BALI MATERI DAERAH KEBANGGAANKU PADA KELAS V SD NO. 5 GULINGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031024-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031024-ABSTRAK.pdf Download (806kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (724kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (993kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031024-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan games edukasi berbasis kearifan lokal tempat bersejarah di Bali materi daerah kebanggaanku muatan IPAS pada kelas V SD No. 5 Gulingan, (2) mengetahui validitas hasil pengembangan games edukasi berbasis kearifan lokal tempat bersejarah di Bali materi daerah kebanggaanku muatan IPAS ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil siswa kelas V SD No. 5 Gulingan, dan (3) mengetahui efektivitas games edukasi berbasis kearifan lokal tempat bersejarah di Bali materi daerah kebanggaanku muatan IPAS pada kelas V SD No. 5 Gulingan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes pilihan ganda dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun games edukasi berbasis kearifan lokal tempat bersejarah di Bali dengan hasil penilaian oleh uji ahli rancang bangun sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) games edukasi berbasis kearifan lokal tempat bersejarah di Bali yang dinyatakan layak digunakan oleh para ahli dan mendapat respon positif melalui uji coba kepada siswa dengan hasil penilaian oleh uji ahli isi mata pelajaran sebesar 93,7% dengan kualifikasi sangat baik, penilian oleh uji ahli desain instruksional sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, penilaian oleh uji ahli media pembelajaran sebesar 96,6% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 93,3% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 92,7% dengan kuaifikasi sangat baik, (3) Hasil post-test memperoleh rata-rata 83,05. Sedangkan uji efektivitas berdasarkan uji-t satu sampel diperoleh bahwa t_hitung > t_tabel (4,93 > 2,08), sehingga H0 yang berbunyi rerata hasil post-test siswa kurang dari atau sama dengan nilai KKTP (sebesar 75) ditolak dan H1 yang berbunyi rerata hasil post-test siswa lebih dari atau sama dengan nilai KKTP (sebesar 75) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa games edukasi berbasis kearifan lokal tempat bersejarah di Bali efektif digunakan pada materi daerah kebanggaanku muatan IPAS kelas V SD No. 5 Gulingan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Games Edukasi, Tempat Bersejarah di Bali, Kearifan Lokal, Daerah Kebanggaanku, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ari Yuli Artini |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:07 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |