PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PMRI PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH MUATAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 3 SELAT

Pratiwi, Ni Made Wulan (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PMRI PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH MUATAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 3 SELAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031064-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031064-ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031064-LAMPIRAN.pdf

Download (24MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran interaktif berbasis PMRI pada materi operasi hitung bilangan cacah, (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran interaktif berbasis PMRI pada materi operasi hitung bilangan cacah, dan (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran interaktif berbasis PMRI pada materi operasi hitung bilangan cacah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) video pembelajaran interaktif merupakan media elektronik berbentuk sebuah tautan atau link yang menyajikan materi mengenai operasi hitung bilangan cacah, permasalahan bilangan cacah dengan soal open ended serta terdapat latihan soal. (2) kelayakan video pembelajaran interaktif berbasis PMRI berdasarkan hasil uji materi pembelajaran memperoleh skor 93,18%, hasil uji desain pembelajaran memperoleh skor 94,44%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 95,83%, uji perorangan memperoleh skor 96,97%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 92,93% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh t-hitung = 12,78 > t-tabel = 1,77 pada taraf signifikansi 5% untuk db = 13 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu H1 memuat keputusan nilai rerata post-test lebih dari KKM yang menunjukkan bahwa terdapat perubahan signifikan pada hasil belajar siswa setelah penggunaan video pembelajaran interaktif berbasis PMRI. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk video pembelajaran interaktif layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung bilangan cacah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, PMRI, Muatan Matematika, Bilangan Cacah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Wulan Pratiwi
Date Deposited: 18 Mar 2025 03:11
Last Modified: 18 Mar 2025 03:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23780

Actions (login required)

View Item View Item