PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU KUARTET TEMA BUDAYA NUSANTARA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V DI SD NEGERI 16 KESIMAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Dewi, Ni Putu Ayu Oktaviani Puspita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU KUARTET TEMA BUDAYA NUSANTARA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V DI SD NEGERI 16 KESIMAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031230-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031230-ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031230-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031230-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031230-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031230-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031230-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031230-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031230-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran permainan kartu kuartet tema budaya nusantara, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan kartu kuartet tema budaya nusantara, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran permainan kartu kuartet tema budaya nusantara. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas analyze, design, development, dan evaluation. Subjek yang terlibat yaitu 1 ahli isi materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang peserta didik untuk uji coba perorangan dan 9 orang untuk uji coba kelompok kecil. Uji efektivitas menggunakan 37 orang peserta didik. Metode pengumpulan data yaitu dengan tes dan non tes dengan metode deksriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Kelayakan media pembelajaran dari uji ahli isi materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 95% yang berada pada kualifikasi (sangat baik), uji ahli desain pembelajaran sebesar 85% yang berada pada kualifikasi (baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91,66 (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 91,66% (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 91,31% (sangat baik). (2) Berdasarkan hasil perhitungan uji-t 1 sampel diperoleh nilai thitung = 13.7 kemudian hasil thitung dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan diketahui dk = (n-1) = (37-1) = 36. Nilai dari ttabel untuk dk 36 dengan taraf signifikansi 5% (a = 0.05) adalah 2.03. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (13.7 > 2.03) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berbunyi bahwa hasil rata-rata post-test siswa lebih dari nilai KKTP. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan kartu kuartet tema budaya nusantara efektif digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di SD Negeri 16 Kesiman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kartu Kuartet, Budaya Nusantara, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Ayu Oktaviani Puspita Dewi
Date Deposited: 18 Mar 2025 03:02
Last Modified: 18 Mar 2025 03:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23784

Actions (login required)

View Item View Item