PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANJER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Wiguna, I Putu Era Satria (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANJER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031384-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031384-ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031384-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031384-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031384-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031384-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031384-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031384-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031384-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun video pembelajaran animasi berbasis discovery learning muatan Matematika materi pecahan, (2) mengetahui kualitas video pembelajaran animasi berbasis discovery learning muatan Matematika materi pecahan yang ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil, (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran animasi berbasis discovery learning muatan Matematika materi pecahan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan, kuesioner, tes objektif pilihan ganda, teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media video pembelajaran dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun denganperolehan nilai persentase sebesar 90,90% (sangat baik). (2) Kualitas video pembelajaran menunjukkan hasil uji ahli isi/materi pelajaran dengan perolehan nilai presentase sebesar 93,33% (sangat baik), uji ahli desain instrusional dengan perolehan nilai presentase sebesar 93,75% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 93,33% (sangat baik), uji coba perorangan memperoleh nilai presentase sebesar 91,66% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar dengan perolehan nilai presentase sebesar 93,33% (sangat baik). (3) Efektivitas video pembelajaran animasi berdasarkan uji-t diketahui nilai t_hitung sebesar 13,60. Kemudian nilai t_hitung dibandingkan dengan nilai t_tabel. Nilai t_(tabel )untuk db 36 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 1,68. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t_hitung > t_tabel (13,76 > 1,68) Dengan demikian, hipotesis nol H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran animasi berbasis discovery learning, efektif digunakan pada muatan Matematika materi pecahan untuk siswakelas IV di SD Negeri 1 Panjer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Video Pembelajaran, Animasi, discovery learning, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Era Satria Wiguna
Date Deposited: 18 Mar 2025 07:35
Last Modified: 18 Mar 2025 07:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23786

Actions (login required)

View Item View Item