Aprilia, Ni Wayan Yeni (2025) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MEDIA INTERAKTIF “SIBUDAYA” (KERAGAMAN BUDAYA) BERBASIS SELF INSTRUCTIONAL PADA MUATAN IPAS KELAS IV SDN 6 PEGUYANGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031223-COVER.pdf Download (995kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031223-ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031223-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031223-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031223-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031223-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031223-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031223-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031223-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang efektif dalam mendukung kegiatan pembelajaran, yakni Media Interaktif "SIBUDAYA" (Keragaman Budaya) berbasis Self Instructional pada Muatan IPAS Kelas IV SD Negeri 6 Peguyangan. Produk yang dikembangkan diuji melalui penilaian oleh ahli materi, ahli desain pembelajaran, serta uji coba pada siswa untuk menilai kualitasnya. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama: mendeskripsikan rancang bangun, kelayakan serta efektivitas dari media pembelajaran interaktif "SIBUDAYA” berbasis Self Instructional. Manfaat teoritis penelitian ini adalah memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran serta membantu siswa dalam memahami konsep keberagaman budaya secara mandiri. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Uji kelayakan produk dilakukan melalui penilaian dari ahli materi sebesar (93,75%) dan desain (91,66%), respon praktisi (97,22%) serta uji coba kepada siswa dalam bentuk uji coba individu (88,13%) dan kelompok kecil (87,03%). Efektivitas media ini diuji melalui posttest, yang menunjukkan bahwa media interaktif "SIBUDAYA" efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS dengan materi Keberagaman Budaya. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung = - 149,59 lebih besar dari ttabel = 2,04, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Media Interaktif, SIBUDAYA, Self Instructional, IPAS, Keberagaman Budaya, Model ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Yeni Aprilia |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 01:23 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 01:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |