Ardiasa, Ketut Peri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TEKNIK SERVIS PADA PERMAINAN SEPAK TAKRAW DI SMP NEGERI 4 KUBUTAMBAHAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2116011115-COVER.pdf Download (918kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2116011115-ABSTRAK.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011115-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011115-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2116011115-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran berbasis video tutorial (2) mendeskripsikan tanggapan para ahli isi, ahli desain, dan ahli media terhadap media pembelajaran berbasis video tutorial (3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan media pembelajaran berbasis video tutorial. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial teknik servis pada permainan sepak takraw ini dilakukan dengan model ADDIE, terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: media pembelajaran berbasis video tutorial teknik servis pada permainan sepak takraw memperoleh hasil persentase validasi dari ahli isi/materi sebesar 96% dengan kualifikasi kategori sangat baik, ahli desain sebesar 86% dengan kualifikasi kategori baik, ahli media sebesar 93% dengan kualifikasi kategori sangat baik, respons guru/ahli praktisi lapangan sebesar 98% dengan kualifikasi kategori sangat baik, respons peserta didik yaitu uji perorangan memperoleh hasil persentase sebesar 99% dengan kualifikasi kategori sangat baik, uji kelompok kecil sebesar 97%, dengan kualifikasi kategori sangat baik, uji kelompok besar sebesar 96% dengan kualifikasi kategori sangat baik, sehingga dinyatakan memiliki validitas sangat baik, dan memperoleh penilaian dari uji kepraktisan sebesar 97% dengan kualifikasi kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial teknik servis pada permainan sepak takraw dinyatakan layak dan praktis digunakan untuk dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata Kunci : Pengembangan, video tutorial, media pembelajaran, servis sepak takraw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Ketut Peri Ardiasa |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 13:50 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 13:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |