PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA KONSEP KERAJAAN HINDU DI NUSANTARA KELAS IV DI SD NEGERI 2 KAYUPUTIH MELAKA

Apriliawan, Kadek Erik (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA KONSEP KERAJAAN HINDU DI NUSANTARA KELAS IV DI SD NEGERI 2 KAYUPUTIH MELAKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031342-COVER.pdf

Download (551kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031342-ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031342-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031342-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031342-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031342-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031342-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031342-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031342-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book berbantuan augmented reality untuk meningkatkan minat baca konsep sejarah kerajaan hindu di nusantara kelas 4 sekolah dasar yang diuji tingkat validitas media, kepraktisan media dan efektivitas media. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementasion, and Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner kepada guru dan peserta didik. Validitas media dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi IPAS SD. Kepraktisan (respon peserta didik dan guru) media dilakukan oleh 2 guru dan 2 peserta didik kelas IV. Pengujian efektivitas media menggunakan desain one group pretest posttest dengan jumlah sampel sebanyak 17 peserta didik kelas IV. Hasil dari data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran pop-up book berbantuan augmented reality memiliki skor validitas ahli media 4,5 dan skor validitas ahli materi 4,5 dengan kategori tingkat validitas sangat baik, kepraktisan mendapatkan skor persentase sebesar 90,8% dengan kategori sangat baik dan praktis, serta media pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan minat baca peserta didik konsep sejarah kerajaan hindu di nusantara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran1, Pop-up book2, Augmented reality3, Miant Baca4
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Erik Apriliawan
Date Deposited: 16 Apr 2025 00:53
Last Modified: 16 Apr 2025 00:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23912

Actions (login required)

View Item View Item