AN ANALYSIS OF CODE-SWITCHING USED AS A STRATEGY IN EFL CLASSROOM INTERACTION

Rasidi, Sulaiman (2025) AN ANALYSIS OF CODE-SWITCHING USED AS A STRATEGY IN EFL CLASSROOM INTERACTION. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021077-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ASBTRAK)
2012021077-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (336kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2012021077-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021077-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021077-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021077-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengidentifikasi jenis dan fungsi alih kode yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris di SMP Negeri Satu Atap 1 Sukasada merupakan tujuan dari penelitian ini. Observasi kelas dan wawancara adalah metode yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dan dikategorikan berdasarkan jenis alih kode serta fungsinya dalam interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru bahasa Inggris menggunakan tiga jenis alih kode, yaitu alih kode intra-sentensial, alih kode antar-sentensial, dan tag-switching. Di antara ketiganya, alih kode intra-sentensial adalah yang paling sering digunakan, diikuti oleh alih kode antar-sentensial, sementara tag-switching merupakan jenis yang paling jarang digunakan dalam interaksi di kelas. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi berbagai fungsi alih kode yang diterapkan oleh guru bahasa Inggris selama proses pembelajaran. Beberapa fungsi tersebut meliputi menerjemahkan kosakata yang kurang dipahami, mengelola kelas, menjelaskan tata bahasa, menunjukkan empati dan solidaritas, serta menekankan poin-poin penting. Selain fungsi-fungsi tersebut, wawancara dengan guru bahasa Inggris juga mengungkapkan bahwa alih kode digunakan untuk mengatasi konflik, mengulang informasi, memberikan penjelasan, membangun kepercayaan diri siswa, serta membantu pengelolaan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peralihan kode, Guru bahasa Inggris, SMP Negeri Satu Atap 1 Sukasada
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Sulaiman Rasidi
Date Deposited: 16 Apr 2025 05:00
Last Modified: 16 Apr 2025 05:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23933

Actions (login required)

View Item View Item