Safitri, Jeanesha Otalia Ajeng (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MATERI BILANGAN CACAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS III SD NEGERI 19 DAUH PURI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031005-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031005-ABSTRAK.pdf Download (667kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (618kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (856kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031005-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui rancang bangun aplikasi E-Modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME), (2) Untuk mengetahui kelayakan E-Modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME, (3) Untuk mengetahui efektivitas media berbasis Realistic Mathematics Education (RME. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes uraian dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) hasil validasi isi materi pelajaran media E-Modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) berada pada kategori sangat baik dengan validasi isi sebesar 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, validasi desain instruksional sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik, validasi media sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, uji perorangan memperoleh skor sebesar 95,4%, dan uji kelompok kecil memperoleh 94,38%. (3) Berdasarkan hasil uji-t sample dependent didapatkan thitung = 27,650 > ttabel = 2,064 dengan taraf signifikansi 5% dengan ketentuan dk = (n1 -1 ) = 25 – 1 = 24, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) efektif diterapkan pada materi bilangan cacah mata pelajaran matematika siswa kelas III di SD Negeri 19 Dauh Puri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, ADDIE, E-Modul, Bilangan Cacah, Realistic Mathematics Education (RME). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Jeanesha Otalia Ajeng Safitri |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:27 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |