Arniti, Ni Ketut Puri (2025) E-KOMIK MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL JEJAITAN MATERI MENGIDENTIFIKASI SUDUT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 SANUR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031233-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031233-ABSTRAK.pdf Download (808kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031233-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (524kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031233-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031233-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031233-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031233-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031233-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031233-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun e-komik, (2) mengetahui kelayakan (3) mengetahui efektivitas media e-komik matematika berbasis kearifan lokal jejaitan materi mengidentifikasi sudut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner, tes objektif pilihan ganda, dan Teknik analisis data deskriptif kuantitatif serta statistika inferensial. Hasil penelitian adalah (1) rancang bangun media e-komik berbentuk meia digital yang memuat komponen seperti, halaman sampul, prakata, CP dan TP, petunjuk penggunaan, pengenalan tokoh, instruksi membaca isi e-komik, materi mengidentifikasi sudut berbasis kearifan lokal jejaitan yang disajikan dalam bentuk percakapan, rangkuman materi, instruksi pengerjaan soal evaluasi, soal evaluasi, profil pengembang, profil dosen pembimbing dan halaman ahhir yang dapat diakses secara fleksibel dengan perolehan nilai ahli rancang bangun 92,50% (sangat baik), (2) Hasil uji kelayakan produk e-komik terbukti layak berdasarkan: uji ahli isi /materi pelajaran sebesar 92% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 95% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 96% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 93,33% (kategori sangat baik), serta uji coba kelompok kecil sebesar 92,77 (sangat baik); (3) Hasil uji efektivitas e-komik dianalisis menggunakan teknik statistika inferensial (uji-t) memperoleh hasil rata-rata post-test (89,16) > nilai BSKAP (86), sehingga H0 ditolak dan H1 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil post-test setelah menggunakan media e-komikl berbasis kearifan lokal jejaitan dengan nilai BSKAP. Setelah dilakukan perhitungan manual mengunakan uji-t didapatkan hasil yang menunjukkan nilai thitung (2,31) > ttabel (1,71) pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan dk = 24. Dengan demikian disimpulkan bahwa media pembelajaran e-komik matematika berbasis kearifan lokal jejaitan efektif diterapkan pada materi mengidentifikasi sudut siswa kelas IV SD Negeri 6 Sanur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: E-komik, matematika, kearifan lokal jejaitan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Puri Arniti |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 10:31 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 10:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |