Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Kimia Hijau Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Karyawati, Kadek Nita (2020) Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Reduksi dan Oksidasi Berbasis Kimia Hijau Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613031048-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613031048-ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031048-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031048-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613031048-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar reaksi reduksi dan oksidasi berbasis kimia hijau yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang disgunakan dalam penelitian ini meliputi angket pendapat guru kimia, lembar validasi, lembar analisis dokumen, lembar keterbacaan, lembar kepraktisan, tes hasil belajar kognitif, dan lembar penilaian afektif serta psikomotorik. Karakteristik bahan ajar yang dikembangkan meliputi 1) adanya integrasi prinsip-prinsip kimia hijau; 2) info kimia yang berisi bahaya, pencegahan, penanganan, serta penggantian bahan kimia berbahaya; 3) bahan ajar juga dilengkapi dengan solusi kimia, latihan soal, kegiatan praktikum kimia hijau, rangkuman, glosarium, dan uji kemampuan. Validasi dari para ahli menghasilkan skor rata-rata dari aspek materi sebesar 3,16, bahasa sebesar 3,11, dan media sebesar 3,48. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar reaksi reduksi dan oksidasi berbasis kimia hijau memenuhi kriteria valid. Hasil uji keterbacaan bahan ajar menunjukkan bahwa bahan ajar sudah dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat praktis dari guru dan kriteria praktis dari siswa. Keefektifan bahan ajar meliputi (1) hasil uji n-gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif; (2) uji proporsi satu sampel menghasilkan proporsi ketercapaian kriteria ketuntasan minimal klasikal pada ranah kognitif dan psikomotorik lebih dari 85%; dan (3) hasil penilaian afektif telah memenuhi kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, kimia hijau, reaksi reduksi dan oksidasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: KADEK NITA KARYAWATI
Date Deposited: 26 Jul 2020 01:32
Last Modified: 26 Jul 2020 01:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2397

Actions (login required)

View Item View Item