PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK SIKLUS AIR KELAS V SDN 3 BANJAR TEGEHA

Listiani, Kadek Kartika (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK SIKLUS AIR KELAS V SDN 3 BANJAR TEGEHA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031515-COVER.pdf

Download (972kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031515-ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031515-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031515-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031515-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031515-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031515-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031515-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031515-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flashcard berbasis augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik siklus air kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan instrument kuesioner dan tes objektif. Data hasil validitas media bersumber dari penilaian ahli materi pembelajaran dan ahli media pembelajaran. Pada penelitian ini memperoleh hasil penilaian ahli materi sebesar 4,87 dan sebesar 4,91 dari penilaian ahli media pembelajaran, sehingga hasil tersebut memiliki kualifikasi sangat baik. Data dari kepraktisan media bersumber pada penilaian respon praktisi dan respon 10 orang siswa kelas V SD. Hasil persentase respon praktisi sebesar 91% dan hasil respon siswa sebesar 95,2%, sehingga hasil respon tersebut dapat dikualifikasikan sangat baik. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest-posttest pada jumlah sampel sebanyak 18 orang siswa kelas V SD. Hasil dari data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian media flashcard berbasis augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik siklus air kelas V SD dinyatakan: (1) valid yang ditinjau berdasarkan aspek isi, desain dan media pembelajaran, (2) praktis yang ditinjau berdasarkan perspektif praktisi dan siswa, (3) efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik siklus air kelas V yang dibuktikan dengan hasil uji-t. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media flashcard berbasis augmented reality, dinyatakan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media pembelajaran, Flashcard, Augmented Reality, Hasil Belajar, Siklus air.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Kartika Listiani
Date Deposited: 21 Apr 2025 04:20
Last Modified: 21 Apr 2025 04:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23988

Actions (login required)

View Item View Item