Dewi, Ni Luh Puspa Cantika (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS IV SD NO 2 BONGKASA PERTIWI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031354-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031354-ABSTRAK.pdf Download (668kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031354-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (617kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031354-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031354-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031354-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031354-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031354-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031354-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, mengetahui hasil validitas ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain intruksional, uji ahli media pembelajaran,mengetahui hasil kepraktisan ditinjau dari uji pendidik, uji perorangan, dan uji kelompok kecil muatan Pendidikan Pancasila serta mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis profil pelajar Pancasila muatan Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode non-tes berupa angket dan metode tes. Hasil penelitian pengembangan ini terdiri dari (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis profil pelajar Pancasila berupa flowchart dan storyboard berdasarkan tahapan model ADDIE untuk menghasilkan multimedia interaktif yang berbentuk file Microsoft PowerPoint serta dapat diakses melalui tautan Google Drive, (2) hasil validitas isi multimedia interaktif berbasis profil pelajar Pancasila dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian ahli isi mata pelajaran sebesar 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, penilaian uji ahli desain instruksional sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, penilaian uji ahli media pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, (3) hasil kepraktisan multimedia interaktif berbasis profil pelajar Pancasila dinyatakan praktis berdasarkan hasil uji coba pendidik, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil sebesar 94,067% dengan kualifikasi sangat baik, (3) berdasarkan hasil uji efektivitas menggunakan rumus uji-t dependent diperoleh nilai diperoleh thitung = 15,298 yang selanjutnya dibandingkan dengan taraf signifikan 5% dengan dk = n - 1 = 13 – 1 = 12 diperoleh ttabel = 2,178 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan multimedia interaktif berbasis profil pelajar Pancasila. Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis profil pelajar Pancasila muatan Pendidikan Pancasila efektif diterapkan pada peserta didik sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Multimedia interaktif, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Pancasila, Model ADDIE, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Puspa Cantika Dewi |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 13:42 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 13:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |