Dana, Yohanes Cipta (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERORIENTASI MITIGASI BENCANA ALAM BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HOLISTIC SOLUTION THINKING PADA MATERI BANGUN RUANG BAGI SISWA SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011059-COVER.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011059-ABSTRAK.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 KESIMPULAN)
2113011059-BAB 5 KESIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011059-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu e-modul matematika dan karakteristiknya yang berorientasi pada mitigasi bencana alam berbantuan augmented reality pada materi bangun ruang yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir holitik (holistic solution thinking). Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation), yang terbatas pada evaluasi formatif. Siswa kelas VII F dan dua guru matematika di SMP Negeri 1 Gerokgak adalah subjek penelitian ini. Teknik pengumpulan data meliputi, dokumentasi, instrumen tes kemampuan berpikir holistik, dengan analisis data deskriptif kuantitatif (kuali-kuanti). E-modul yang dikembangkan memiliki karakteristik sebagai berikut: 1) video pembelajaran pada e-modul dapat langsung ditonton tanpa harus keluar dari web e-modul. 2) menyajikan barcode AR bangun ruang yang membantu menampilkan objek 3D bangun ruang. 3) menyajikan materi dan contoh soal berorientasi mitigasi bencana alam yag mendukung kemampuan berpikir holistik (holistic solution thinking) siswa. 4) menyajikan latihan soal dengan Quizizz dan e-LKPD yang dapat diakses dengan mudah. 5) memberikan feedback secara langsung saat mengerjakan latihan soal di Quizizz. Hasil uji validitas menunjukkan e-modul sangat valid dengan skor rerata 4,47 untuk ahli materi dan 4,7 untuk ahli media. Uji kepraktisan menunjukkan e-modul praktis yang unggul pada aspek daya tarik, kejelasan, ketepatan, dan stimulasi dengan rerata 2,00; 2,01; 1,86; dan 2,16, sedangkan aspek efisiensi dan kebaruan memiliki kategori baik dengan rerata 1,85 dan 1,22. Uji efektivitas e-modul dilakukan dengan menggunakan instrumen pretest dan posttest. E-modul yang dikembangkan dinyatakan efektif dilihat dari peningkatan rerata posttest sebesar 76,29 dari rerata pretest sebelumnya sebesar 16,65 dan nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kriteria efektivitas tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, mitigasi bencana alam, augmented reality, bangun ruang, holistic solution thinking |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Yohanes Cipta Dana |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 01:52 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 01:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |