PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SD GUGUS IV PATTIMURA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Markandeya, I Gede Bagus (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA KELAS IV SD GUGUS IV PATTIMURA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031497-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031497-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031497-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031497-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031497-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031497-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031497-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031497-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031497-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sikap sosial merupakan sikap yang harus dikuasai oleh siswa. Kurangnya pengetahuan seseorang dapat ditutupi dengan sikap sosial yang baik. Rendahnya sikap sosial dipengaruhi oleh banyak hal, salah satu yang menyebabkan sikap sosial yang rendah adalah karena kurangnya inovasi guru dalam mengemas pembelajaran. Guru buka hanya mengajar tetapi bisa mendidik siswanya agar berperilaku baik. Pembelajaran juga perlu dalam memahami sikap sosial yang baik. Melihat dari hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan media komik digital terhadap sikap sosial siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus IV Pattimura tahun pelajaran 2024/2025 dengan total siswa sebanyak 315 siswa dan 9 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 64 siswa, diantaranya 31 siswa kelas IV B SD N 11 Sesetan sebagai eksperimen dan 33 siswa kelas IV A SD N 11 Sesetan sebagai kontrol. Subjek data pada penelitian ini berupa sikap sosial dengan menggunakan metode non-tes berupa lembar observasi kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan komik digital terhadap sikap sosial siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan komik digital dapat meningkatkan sikap sosial siswa. Implikasi penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe role playing berbantuan komik digital dapat menjadi acuan untuk menciptakan pembelajaran menyenangkan melalui interaksi yang tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Kooperatif tipe role playing, komik digital, sikap social
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Bagus Markandeya
Date Deposited: 27 Apr 2025 23:41
Last Modified: 27 Apr 2025 23:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24024

Actions (login required)

View Item View Item