PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MAPEL IPAS KELAS V SD NO 2 SEDANG, BADUNG

Yulandewi, I Gusti Ayu Agung Gita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MAPEL IPAS KELAS V SD NO 2 SEDANG, BADUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031475-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031475-ABSTRAK.pdf

Download (663kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031475-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (626kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031475-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031475-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031475-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031475-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031475-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031475-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan (1) mendeskripsikan kualitas rancang bangun media Flashcard berbasis Augmented Reality materi sistem pencernaan manusia mapel IPAS (2) mengetahui validitas media Flashcard berbasis Augmented Reality materi sistem pencernaan manusia mapel IPAS, ditinjau dari uji isi/materi, uji desain dan uji media (3) mengetahui kepraktisan media Flashcard berbasis Augmented Reality materi sistem pencernaan manusia mapel IPAS, ditinjau dari uji respon praktis guru, uji coba kelompok kecil, dan uji coba perorangan serta (4) mengetahui efektivitas media Flashcard berbasis Augmented Reality materi sistem pencernaan manusia mapel IPAS, yang ditinjau dari hasil uji statistik inferensial dengan teknik uji-t. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui tes objektif pilihan ganda, dan kuesioner/angket serta pada analisi data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa (1) hasil uji rancang bangun media Flashcard memperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil validitas media Flashcard menunjukan hasil uji isi/materi memperoleh skor 87,49% dengan kualifikasi (Baik), uji desain pembelajaran memperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi (Sangat Baik), uji media pembelajaran memperoleh skor 93,75 dengan kualifikasi (Sangat Baik) (3) kepraktisan media Flashcard menunjukan hasil uji respon praktis guru memperoleh skor 98% dengan kualifikasi (Sangat Baik), uji perorangan memperoleh skor 96,53% dengan kualifikasi (Sangat Baik) dan uji kelompok kecil memperoleh skor 93,05% dengan kualifikasi (Sangat Baik). Kesimpulan yang diperoleh dari gabungan hasil uji kepraktisan yakni 95,85% dengan kualifikasi (sangat baik) (4) Evektivitas media Flashcard berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai t-hitung = 9.512 > t-tabel = 1.706 pada taraf signifikan 5% dengan (db) = 26 sehingga H0 ditolak H1 diterima, yang berati terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan media Flashcard berbasis Augmented Reality. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Flashcard berbasis Augmented Reality layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi sistem pencernaan manusia pada mapel IPAS kelas V SD No 2 Sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: ADDIE, Media Flashcard, Augmented Reality, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Agung Gita Yulandewi
Date Deposited: 27 Apr 2025 23:58
Last Modified: 27 Apr 2025 23:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24029

Actions (login required)

View Item View Item