Pengembangan Multimedia Pembelajaran Teknik Smash Berbasis Website Berorientasi Problem Based Learning Pada Mata Kuliah TP. Tenis Lapangan

Saputra, I Ketut Karya Adi (2025) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Teknik Smash Berbasis Website Berorientasi Problem Based Learning Pada Mata Kuliah TP. Tenis Lapangan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2116011053-COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2116011053-ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2116011053-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangan suatu produk multimedia pembelajaran teknik smash berbasis website berorientasi problem based learning pada mata kuliah TP. Tenis lapangan. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE dimana model ini menggunakan lima tahapan yaitu 1. Analisis, 2. Desain, 3. Developmen, 4. Implementasi, dan 5. Evaluasi. Pada penelitian ini produk pengembangan divalidasi oleh para ahli isi pembelajaran, ahli desain, dan ahli media dan dilanjutkan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan uji kepraktisan. Subjek pada penelitian ini melibatkan mahasiswa semester VI Penjaskesrek. Pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument kuesioner/angket dalam bentuk sekala sekor. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penilaian didapatkan dari uji ahli isi pembelajaran memperoleh presentase 98,0% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain memperoleh presentase 98,5% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media mendapat presentase 93,3% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan mendapat presentase 97,0% dengan kulifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil mendapat presentase 95,8% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok besar mendapat presentase 96,3% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kepraktisan mendapat presentase 96,53% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka multimedia pembelajaran teknik smash berbasis website berorientasi problem based learning pada mata kuliah TP. Tenis lapangan sangat layak digunakan untuk sebagai sumber belajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia pembelajaran, Tenis lapangan, Website
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Ketut Karya Adi Saputra
Date Deposited: 07 May 2025 04:53
Last Modified: 07 May 2025 04:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24066

Actions (login required)

View Item View Item