Prasista, Komang Dina (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031186-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031186-ABSTRAK.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031186-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031186-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031186-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031186-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031186-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031186-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031186-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi berbasis etnomatematika, mengetahui validitas game edukasi, mengetahui kepraktisan game edukasi, dan mengetahui efektivitas dari game edukasi berbasis etnomatematika materi bangun datar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, instrumen kuesioner, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) yang menggunakan model ADDIE. Data validitas game edukasi bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi matematika. Data dari uji kepraktisan bersumber dari praktisi/guru kelas V dan VI serta 10 siswa kelas V SD. Pengujian efektivitas produk dilakukan menggunakan desain one-group pretest-posttest dengan jumlah sampel 18 siswa kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi berbasis etnomatematika materi bangun datar yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan rerata hasil validitas ahli materi pembelajaran sebesar 4,6 dan validitas ahli media pembelajaran sebesar 4,81 keduanya termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Kepraktisan produk juga dinilai sangat baik, dengan persentase kepraktisan berdasarkan respon guru sebesar 96,67%, serta kepraktisan berdasarkan respon siswa sebesar 96,4%. Selain itu, hasil uji-t satu sampel menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga game edukasi berbasis etnomatematika materi bangun datar terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Etnomatematika, Motivasi Belajar, SD |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Dina Prasista |
Date Deposited: | 19 May 2025 00:49 |
Last Modified: | 19 May 2025 00:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |