IMPLEMENTING INTERACTIVE DIGITAL SOCIAL STORIES AS A READING COMPREHENSION LEARNING MEDIA FOR FOURTH GRADE STUDENTS AT SD NEGERI 3 ABIANTUWUNG

Agung Manik Purwantini, Gusti Ayu (2025) IMPLEMENTING INTERACTIVE DIGITAL SOCIAL STORIES AS A READING COMPREHENSION LEARNING MEDIA FOR FOURTH GRADE STUDENTS AT SD NEGERI 3 ABIANTUWUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021009-COVER.pdf

Download (529kB)
[img] Text (ABSTRACT)
2112021009-ABSTRACT.pdf

Download (114kB)
[img] Text (CHAPTER 1 INTRODUCTION)
2112021009-CHAPTER 1 INTRODUCTION.pdf

Download (140kB)
[img] Text (CHAPTER 2 THEORETICAL STUDIES)
2112021009-CHAPTER 2 THEORETICAL STUDIES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (CHAPTER 3 RESEARCH METHODOLOGY)
2112021009-CHAPTER 3 RESEARCH METHODOLOGY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (CHAPTER 4 RESULTS OF RESEARCH AND DISCUSSION)
2112021009-CHAPTER 4 RESULTS OF RESEARCH AND DISCUSSION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (CHAPTER 5 CONCLUSION)
2112021009-CHAPTER 5 CONCLUSION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BIBLIOGRAPHY)
2112021009-BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (213kB)
[img] Text (ATTACHMENT)
2112021009-ATTACHMENT.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah penggunaan cerita sosial digital interaktif sebagai media pembelajaran memiliki perbedaan yang signifikan terhadap nilai pemahaman membaca siswa kelas IV di SD Negeri 3 Abiantuwung. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Populasi dan sampel penelitian terdiri dari satu kelompok yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian test terkait pemahaman membaca siswa dan data dianalisis dengan teknik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerpaan Interactive Digital Social Stories memiliki dampak yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa. Berdasarkan hasil paired sample t-test, diperoleh p < 0.05 pada uji yang dilakukan dalam dua bab pembalajaran. Selain itu, uji efektivitas menunjukkan nilai 5.53 dan 5.02 pada masing-masing bab, sehingga nilai tersebut tergolong kategori besar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada skor pemahaman membaca siswa sebelum dan sesudah penerapan cerita sosial digital interaktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: interactive digital social stories, pemahaman membaca siswa, pembelajar muda
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Agung Manik Purwantini
Date Deposited: 17 May 2025 06:27
Last Modified: 17 May 2025 06:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24114

Actions (login required)

View Item View Item