PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SD NEGERI 16 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Wahyuningsih, Ni Kadek Eka (2025) PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SD NEGERI 16 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031282-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031282-ABSTRAK.pdf

Download (641kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031282-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (585kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031282-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031282-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031282-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031282-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031282-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (593kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031282-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu mengembangkan, menguji kelayakan, dan efektivitas media pembelajaran powerpoint interaktif yang berbasis konstruktivisme. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian mencakup beberapa ahli, yaitu rancang bangun, materi, desain instruksional, media pembelajaran, serta 19 peserta didik kelas VI. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket dan tes, dengan teknik analisis data berupa statistik deskriptif kuantitatif dan uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini berkualitas sangat baik (skor >90%) menurut hasil validasi ahli dan uji coba produk, serta pada uji-t diperoleh thitung (3,432) > ttabel (1,734), yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya, media powerpoint interaktif berbasis konstruktivisme terbukti layak serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada materi FPB dan KPK di kelas VI SD. Implikasinya, guru disarankan untuk menggunakan media serupa guna mendukung proses pembelajaran yang lebih aktif, kontekstual, dan berpusat pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Powerpoint Interaktif, Konstruktivisme, Matematika, FPB, KPK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Eka Wahyuningsih
Date Deposited: 19 May 2025 00:59
Last Modified: 19 May 2025 00:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24132

Actions (login required)

View Item View Item