Padmayani, Made Daniaraga (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN KEFASIHAN PROSEDURAL SISWA KELAS IV SD NO 2 LEGIAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031484-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031484-ABSTRAK.pdf Download (771kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031484-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031484-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031484-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (949kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031484-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031484-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031484-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031484-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi atas permasalahan rendahnya hasil belajar matematika khususnya pada materi bilangan cacah. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun E-LKPD berbasis teori APOS untuk meningkatkan kefasihan prosedural, (2) mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis teori APOS untuk meningkatkan kefasihan prosedural, dan (3) mengetahui efektivitas E-LKPD berbasis teori APOS untuk meningkatkan kefasihan prosedural. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun E-LKPD berbasis teori APOS yang digambarkan melalui flowchart dan storyboard, (2) Kelayakan E-LKPD berbasis teori APOS menunjukkan hasil dari uji ahli isi materi pembelajaran sebesar 100% (sangat baik), uji ahli desain intruksional sebesar 95,38% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91,67% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 93,75% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,13% (sangat baik), (3) Efektivitas E-LKPD berbasis teori APOS berdasarkan hasil uji-t sample dependent diperoleh t-hitung sebesar 43,324 dan t-tabel berdasarkan taraf signifikansi 5% dengan db = n – 1 = 28 – 1 = 27 sebesar 1,703. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t_hitung> t_(tabel )(43,324 > 1,703), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis teori APOS untuk meningkatkan kefasihan prosedural sangat layak dan efektik digunakan dalam proses pembelajaran dikarenakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD No 2 Legian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pengembangan, E-LKPD, APOS, dan Kefasihan Prosedural. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Daniaraga Padmayani |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:07 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |