PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Asmini, Ni Ketut Sri (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031115-COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031115-ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031115-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031115-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031115-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031115-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Augmented Reality serta mengevaluasi validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya dalam pembelajaran materi fotosintesis untuk meningkatkan hasil IPAS pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan multimedia menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner untuk mengukur validitas dan kepraktisan, serta tes pilihan ganda untuk mengukur efektivitas. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Validitas media dievaluasi oleh ahli media dan ahli materi IPAS. Kepraktisan media dinilai oleh guru kelas IV dan III serta 11 peserta didik kelas IV. Efektivitas produk diuji menggunakan desain one group pretest-posttest dengan sampel 13 peserta didik kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis AR memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang berkualitas, dengan rincian: (1). Validitas dari ahli media mencapai rerata 3,75 (kualifikasi valid) (2.) Validitas dari ahli materi mencapai rerata 3,80 (kualifikasi valid) (3). Kepraktisan berdasarkan penilaian guru mencapai rerata 4,00 (kualifikasi sangat praktis) (4). Kepraktisan berdasarkan penilaian peserta didik mencapai rerata 3,88 (kualifikasi sangat praktis) (5). Efektivitas dibuktikan melalui uji-t satu sampel yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (lebih kecil dari taraf signifikansi (5%), mengindikasikan bahwa multimedia berbasis Augmented Reality efektif meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Augmented Reality untuk materi fotosintesis telah terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Augmented Reality, Hasil Belajar, SD
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Sri Asmini
Date Deposited: 19 May 2025 01:08
Last Modified: 19 May 2025 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24145

Actions (login required)

View Item View Item