Devina, Ida Ayu Made Gavista (2025) PENGEMBANGAN DIGITAL FLIPBOOK BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 15 PEMECUTAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031176-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031176-ABSTRAK.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031176-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031176-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIANR)
2111031176-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (966kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031176-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031176-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031176-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031176-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan rancang bangun digital flipbook berbasis RME (Realistic Mathematics Education). (2) Untuk mengetahui hasil kelayakan digital flipbook berbasis RME (Realistic Mathematics Education). (3) Untuk mengetahui efektivitas digital flipbook berbasis RME (Realistic Mathematics Education). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes pilihan ganda dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) hasil validasi isi materi pelajaran pada media digital flipbook berbasis RME (Realistic Mathematics Education) sebesar 90,91% (sangat baik), validasi desain intruksional sebesar 92,5% (sangat baik), validasi media pembelajaran sebesar 93,2% (sangat baik), uji perorangan memperoleh skor 93,2% dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 94%. (2) efektivitas digital flipbook berbasis RME (Realistic Mathematics Education) berdasarkan hasil uji-t sample dependent diperoleh bahwa nilai t-hitung sebesar 16,33. Sedangkan harga t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan diketahui dk=30 adalah sebesar 2,056. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (16,33 > 2,056), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Digital Flipbook Berbasis RME (Realisthic Mathematics Education) efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 15 Pemecutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Digital Flipbook, Matematika, Konsep Bangun Datar, RME |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Made Gavista Devina |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:12 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |