PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI OPERASI PERKALIAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 PADANGBAI TAHUN AJARAN 2024/2025

Dasi, Ni Luh Radharani Dewi (2025) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI OPERASI PERKALIAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 PADANGBAI TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031228-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031228-ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031228-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031228-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031228-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031228-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031228-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031228-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031228-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan rancang bangun media komik digital berbasis problem based learning pada muatan Matematika materi operasi perkalian bilangan bulat siswa kelas VI SD Negeri 1 Padangbai Tahun ajaran 2024/2025, (2) mengetahui kelayakan media komik digital berbasis problem based learning pada muatan Matematika materi operasi perkalian bilangan bulat siswa kelas VI SD Negeri 1 Padangbai Tahun ajaran 2024/2025 menurut review para ahli dan uji coba produk, dan (3) mengetahui efektivitas media komik digital berbasis problem based learning dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner, tes objektif pilihan ganda, dan Teknik analisis data deskriptif kuantitatif serta statistika inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rancang bangun komik digital berbasis problem based learning dengan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 92,5% (sangat baik), (2) komik digital berbasis problem based learning menunjukkan hasil ahli isi mata pelajaran sebesar 93,75% (sangat baik), ahli desain instruksional sebesar 97,5% (sangat baik), ahli media pembelajaran sebesar 96,15% (sangat baik), dan uji perorangan sebesar 93,3% (sangat baik), serta uji kelompok kecil sebesar 91,3% (sangat baik), dan (3) efektivitas komik digital berbasis problem based learning berdasarkan uji t satu sampel menunjukkan nilai signifikan yakni thitung = 4,913. Harga thitung tersebut dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf 5% dengan diketahui dk = 36 adalah sebesar 1,688. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung = 4,913 > ttabel = 1,688, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan media komik digital berbasis problem based learning efektif diterapkan pada muatan Matematika materi operasi perkalian bilangan bulat siswa kelas VI SD Negeri 1 Padangbai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: komik digital, problem based learning, matematika, operasi perkalian bilangan bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Radharani Dewi Dasi
Date Deposited: 19 May 2025 06:43
Last Modified: 19 May 2025 06:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24154

Actions (login required)

View Item View Item