PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS LITERASI JELAJAH NEGARA DAN KERJASAMA ASEAN MUATAN IPS KELAS VI SD NEGERI 19 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Wijayanti, Ni Made Nur Adi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS LITERASI JELAJAH NEGARA DAN KERJASAMA ASEAN MUATAN IPS KELAS VI SD NEGERI 19 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031376-COVER.pdf

Download (686kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031376-ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031376-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (387kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031376-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031376-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031376-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031376-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031376-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031376-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media komik digital interaktif berbasis literasi jelajah negara dan kerjasama ASEAN, (2) mengetahui validitas hasil pengembangan media komik digital interaktif berbasis literasi jelajah negara dan kerjasama ASEAN, dan (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran komik digital interaktif berbasis literasi pada materi kerjasama ASEAN dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VI di SD Negeri 19 Pemecutan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menjukkan bahwa (1) tahapan pengembangan ADDIE dalam pengembangan telah dipenuhi, (2) validitas media komik digital ditunjukan oleh hasil uji ahli isi dengan skor 94%, uji ahli desain dengan skor 85%, uji ahli media pembelajaran 90%, uji coba perorangan dengan skor 94%, dan uji coba kelompok kecil dengan skor 90%. Hasil uji efektivitas berdasarkan hasil uji-t satu sampel diperoleh bahwa t_hitung> t_tabel (2,839 > 0,914), sehingga H_0 yang berbunyi rerata hasil post-test siswa kurang dari nilai KKTP (sebesar 86) ditolak dan H_1 yang berbunyi rerata hasil post-test siswa lebih dari atau sama dengan nilai KKTP (sebesar 86) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik digital berbasis literasi efektif digunakan pada materi kerjasama ASEAN muatan IPS kelas VI Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : pengembangan, media pembelajaran, komik digital, literasi, IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Nur Adi Wijayanti
Date Deposited: 20 May 2025 02:32
Last Modified: 20 May 2025 02:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24166

Actions (login required)

View Item View Item