Pratiwi, Ni Kadek Kerlina Pradnya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “TEPUK KARTU (TUKAR)” BERBASIS MASALAH MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BERSUSUN PADA MAPEL MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NO. 5 UNGASAN KUTA SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031387-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031387-ABSTRAK.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031387-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (605kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031387-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031387-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (989kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031387-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031387-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031387-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (495kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031387-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran “tukar” berbasis masalah materi penjumlahan dan pengurangan bersusun mapel Matematika siswa kelas II SD No. 5 Ungasan Kuta Selatan, (2) mengetahui kelayakan media “tukar” berbasis masalah materi penjumlahan dan pengurangan bersusun mapel Matematika siswa kelas II SD No. 5 Ungasan Kuta Selatan menurut review para ahli dan uji coba produk, dan (3) mengetahui efektivitas media “tukar” berbasis masalah dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes objektif pilihan ganda, dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif serta statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media pembelajaran “tukar” berbasis masalah menunjukkan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 93,18% (sangat baik), (2) media pembelajaran “tukar” berbasis masalah menunjukkan hasil isi mata pelajaran sebesar 81,25% (baik), ahli desain instruksional sebesar 88,88% (baik), ahli media pembelajaran sebesar 92% (sangat baik), hasil uji coba perorangan sebesar 90,73% (sangat baik), dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 94,74% (sangat baik), dan (3) efektivitas media pembelajaran “tukar” berbasis masalah berdasarkan uji-t satu sampel menunjukkan nilai signifikan yaitu thitung = 2,341. Harga thitung kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan diketahui dk = 26 diperoleh sebesar 2,056. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung = 2,341 > ttabel = 2,056, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tepuk kartu berbasis masalah efektif diterapkan pada materi penjumlahan dan pengurangan bersusun mapel Matematika siswa kelas II SD No. 5 Ungasan Kuta Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran “tukar”, basis masalah, penjumlahan dan pengurangan bersusun, Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Kerlina Pradnya Pratiwi |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:53 |
Last Modified: | 21 May 2025 02:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |