Putri, Komang Gek Melania (2025) PENINGKATAN PENALARAN ADAPTIF SISWA KELAS IV SD MELALUI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TEORI APOS SD N 3 TONJA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031517-COVER.pdf Download (940kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031517-ABSTRAK.pdf Download (645kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031517-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031517-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031517-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031517-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031517-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031517-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031517-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan E-Modul pembelajaran. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan dua puluh delapan siswa kelas IV SD Negeri 3 Tonja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis statistik deskriptif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasilnya berupa : (1) media digital E-Modul pembelajaran yang berisi flowchart, storyboard dan materi pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan model ADDIE. (2) uji kelayakan dari hasil uji ahli materi 91,70%, ahli desain pembelajaran 94,44%, ahli media pembelajaran 91,07%, uji perorangan 90,30%, uji kelompok kecil 91,90%, uji lapangan 92,60% dan (3) uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung sebesar 6,283 untuk dk = 27 dan taraf signifikan 5% ttabel= 1,703 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan penalaran adaptif siswa sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul pembelajaran matematika berbasis Teoari APOS untuk meningkatkan penalaran adaptif pada muatan materi pecahan kelas IV SD Negeri 3 Tonja. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media E-Modul pembelajaran matematika berbasis Teori APOS untuk meningkatkan penalaran adaptif pada muatan materi pecahan senilai efektif untuk diterapkan di kelas IV SD Negeri 3 Tonja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : pengembangan, e-modul pembelajaran, teori apos, penalaran adaptif, matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Gek Melania Putri |
Date Deposited: | 20 May 2025 23:29 |
Last Modified: | 20 May 2025 23:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |