Dewi, Sinta Parwati (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN PUZZLE EDUKATIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS II KECAMATAN KLUNGKUNG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031039-COVER.pdf Download (931kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031039-ABSTRAK.pdf Download (628kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (937kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031039-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan puzzle edukatif terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V Gugus II Kecamatan Klungkung tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan rancangan penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas V di Gugus II Kecamatan Klungkung tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari atas 7 kelas dengan jumlah siswa 275 orang. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling, diperoleh kelas V SD Negeri Semarapura Kaja sebanyak 21 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 2 Akah sebanyak 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan matematika diperoleh dengan memberikan butir tes pilihan ganda dan dianalisis dengan uji-t Polled Varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil t-hitung = 4,815 > t-tabel = 2,015. Dengan taraf signifikanti 5% dan dk= 44. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan puzzle edukatif dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan puzzle edutif berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V Gugus II Kecamatan Klungkung tahun ajaran 2024/2025
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, puzzle edukatif, kompetensi pengetahuan matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Sinta Parwati Dewi |
Date Deposited: | 20 May 2025 23:31 |
Last Modified: | 20 May 2025 23:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |